PENGANTAR PSIKOLOGI MANAJEMEN
1.1 APA ITU PSIKOLOGI
MANAJEMEN?
- · Pengertian Manajemen
Manajemen adalah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota
organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan
yang telah ditetapkan (Stoner). Manajemen merupakan ilmu dan seni.
Ada 4 fungsi utama dalam manajemen:
- Perencanaan (Planning)
- Pengorganisasian (Organizing),
- Pengarahan (Actuating/Directing)
- Pengawasan (Controlling)
Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Follet,1997). Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya (Nickels, McHugh and McHugh ,1997). Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (Ernie&Kurniawan, 2005).
Adanya penggunaan sumber daya organisasi, baik sumber daya manusia, maupun faktor-faktor produksi lainnya. Sumber daya tersebut meliputi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya keuangan, serta informasi (Griffin,2002). Adanya proses yang bertahap dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengimplementasian, hingga pengendalian dan pengawasan. Adanya seni dalam menyelesaikan pekerjaan.
Ada 4 fungsi utama dalam manajemen:
- Perencanaan (Planning)
- Pengorganisasian (Organizing),
- Pengarahan (Actuating/Directing)
- Pengawasan (Controlling)
Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Follet,1997). Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya (Nickels, McHugh and McHugh ,1997). Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (Ernie&Kurniawan, 2005).
Adanya penggunaan sumber daya organisasi, baik sumber daya manusia, maupun faktor-faktor produksi lainnya. Sumber daya tersebut meliputi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya keuangan, serta informasi (Griffin,2002). Adanya proses yang bertahap dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengimplementasian, hingga pengendalian dan pengawasan. Adanya seni dalam menyelesaikan pekerjaan.
- · Pengertian Psikologi Manajemen
Psikologi manajemen adalah ilmu tentang
bagaimana mengatur / me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan.
Dengan ditemukan dan dikembangkannya ilmu psikologi, diketahui bahwa unsur SDM
ternyata merupakan yang terpenting dari ketiga modal kerja perusahaan manapun.
- · Tujuan Psikologi Manajemen
Ilmu psikologi berpusat pada manusia, dan
mampu mengintervensi berbagai faktor internal manusia seperti motivasi, sikap
kerja, keterampilan, dsb dengan berbagai macam teknik dan metode, sehingga bisa
dicapai kinerja SDM yang setinggi-tingginya untuk produktivitas perusahaan.
Dengan adanya psikologi manajemen, kinerja
SDM akan terkontrol dengan baik dan tingkat produktivitas meningkat.
1.2 APA ITU ORGANISASI
- Pengertian Organisasi
Menurut Chester
Barnard, Pengertian Organisasi adalah kumpulan orang-orang untuk
melaksanakan suatu kegiatan yang memerlukan adanya komunikasi, yaitu
suatu hasrat dari sebagian anggotanya untuk mengambil bagian dalam pencapaian
tujuan bersama dengan anggota-anggota lainnya. Dalam Hal ini Barnard menekankan
pada peranan seseorang dalam organisasi, diantaranya ada sebagian dari anggota
yang harus diberi informasi atau dimotivasi dan sebagian lainnya yang harus
membuat keputusan.
Pengertian Organisasi Menurut Max Weber adalah Suatu kerangka hubungan yang berstruktur yang di dalamnya berisi wewenang, tanggung jawab dan pembagian kerja untuk menjalankan sesuatu fungsi tertentu.
Pengertian Organisasi Menurut Max Weber adalah Suatu kerangka hubungan yang berstruktur yang di dalamnya berisi wewenang, tanggung jawab dan pembagian kerja untuk menjalankan sesuatu fungsi tertentu.
Dari Pengertian Organisasi yang dipaparkan di atas, dapat disimpulkan bahwa Pengertian Organisasi adalah kolektivitas orang-orang yang bekerja sama secara sadar dan sengaja untuk mencapai tujuan tertentu. Kolektivitas tersebut berbatas, berstruktur dan beridentitas yang dapat dibedakan dengan kolektivitas-kolektivitas lainnya.
- Unsur – Unsur Organisasi
Menurut Keith Davis unsur – unsur organisasi dibagi menjadi
tiga unsur, yaitu:
Unsur Pertama, bahwa partisipasi atau keikutsertaan
sesungguhnya merupakan keterlibatan mental dan perasaan, lebih daripada
semata-mata atau hanya keterlibatan secara jasmaniah
Unsur Kedua, adanya sikap sukarela dalam membantu
kelompok mencapai tujuan tertentu.
Unsur Ketiga, unsur tanggung jawab merupakan rasa yang
paling menonjol dalam menjadi anggota
- Manfaat Organisasi
Mengikuti dan menjadi anggota dalam organisasi memiliki
manfaat antara lain sebagai berikut:
Ø
Tercapainya sebuah tujuan
Ø
Melatih mental bicara di publik
Ø Mudah
memecahkan masalah
Ø Melatih
leadership
Ø
Memperluas pergaulan
Ø
Kuat dalam menghadapi tekanan
Ø
Meningkatkan wawasan dan pengetahuan
Ø
Membentuk karakteristik dengan seseorang
Ø
Mampu dalam mengatur waktu dengan baik
Ø
Sebagai ajang dalam pembelajaran kerja yang
sebenarnya
- Konsep Dasar Psikologi Organisasi
Psikologi organisasi adalah ilmu pengetahuan
yang mempelajari tentang perilaku individu dan perilakukelompok dalam aturan organisasi
formal. Katz dan Kahn, dalam karya klasik mereka, The
Psychology Sosial Organisasi (1978), menyatakan bahwa esensi dari sebuah organisasi
adalah "pola" atau motif perilaku manusia. Ketika
perilaku berpola, beberapa struktur dikenakan pada
individu. Struktur ini biasanya datang dalam bentuk peran (normatif
standar yang mengatur perilaku) serta adanya pedoman nilai.
Psikologi organisasi mempelajari bagaimana suatu organisasi
mempengaruhi dan berinteraksi dengan anggota-anggotanya. Pemahaman, penguasaan
serta praktik pada psikologi organisasi dapat diterapkan pada perusahaan guna
mencapai kesuksesan sebuah perusahaan dan membantu memberikan alternatif solusi
terhadap pengembangan sistem industri.
Kajian psikologi organisasi lebih menekankan pada
pengembangan sistem manajemen sumber daya insani seperti merancang sistem
rekrutmen, seleksi dan penempatan karyawan, penilaian potensi terstruktur
(assesment centre), pelatihan-pengembangan, pelatihan kinerja, sistem
remunerasi hubungan industrial, dan budaya perusahaan. Tujuan layanan jasa dan
ilmu tersebut dimaksudkan terutama untuk meningkatkan kesejahteraan lahir-batin
dan mencapai tingkat kualitas kehidupan kerja yang optimal.
Daftar
Pustaka:
2. Tisnawati
Sule, Erni, Pengantar Manajemen, Kencana, Bandung, 2004.
3. Fathoni,
Abdurrahmat, Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia,Rineka Cipta,
Bandung, 2006.
6. Wursanto,
Ig, Dasar-dasar Ilmu organisasi, CV. Andi offset; 2005.
7. Miftah Thoha,
2005. Dimensi-Dimensi Prima ILMU ADMINISTRASI NEGARA. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
0 komentar:
Posting Komentar