Psikoterapi : Psikologi Klinis dalam Internet


Psikologi Klinis adalah salah satu bidang psikologi terapan selain Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri, dan lain-lain. Psikologi Klinis menggunakan konsep-konsep Psikologi Abnormal, Psikologi Perkembangan, Psikopatologi dan Psikologi Kepribadian, serta prinsip-prinsip dalam assesment dan intervensi, untuk dapat memahami maslah-masalah psikologis, gangguan penyesuaian diri dan tingkah laku anormal.

Semakin pesat perkembangan teknologi, semakin banyak pula orang yang menggunakannya dengan berbargai tujuan, selain untuk berbisnis, mencari teman, mencari informasi, saat ini internet juga digunakan untuk melakukan psikoterapi oleh para psikolog.

Psikoterapi adalah serangkaian metode berdasarkan ilmu-ilmu psikologi yang digunakan untuk mengatasi gangguan kejiwaan atau mental seseorang.

Ciri psikoterapi :
·         Proses : Interaksi pihak, formal, profesional, legal, etis
·         Tujuan : Perubahan kondisi psikologis individu - pribadi yang positif / optimal (afektif, kognitif, perilaku/kebiasaan)
·         Tindakan, berdasar : - ilmu (teori-teori), teknik, skill yang formal - assessment (data yang diperoleh melalui proses assessment - wawancara, observasi, tes, dsb)

Tujuan terapi (Korchin) :
-         - memperkuat motivasi klien untuk melakukan hal yang benar
-          -mengurangi tekanan emosional
-          -mengembangkan potensi klien
-          -mengubah kebiasaan
-          -memodifikasi struktur kognisi
-          -memperoleh pengetahuan tentang diri
-          -mengembangkan kemampuan berkomunikasi & hubungan interpersonal
-          -meningkatkan kemampuan mengambil keputusan
-          -mengubah kondisi fisik
-          -mengubah kesadaran diri.
-          -mengubah lingkungan sosial

Sebelum ada fenomena psikoterapi online ini, kita telah bisa menikmati psikotes online. tes-tes psikologi yang di lakukan secara virtual. dan semakin berkembang pesatnya teknologi, akhirnya para psikolog mencoba psikoterapi secara online.

Psikoterapi online ini bermanfaat untuk mereka yang ragu-ragu atau malu untuk berkonsultasi dengan tatap muka. Selain itu hal ini bisa merupakan langkah awal menuju pertemuan dengan terapis dan mungkin bisa membuat orang merasa lebih nyaman dalam menerima bantuan jika harus bertemu langsung (bertatap muka).

Melalui psikoterapi online ini juga bisa membantu mereka yang mungkin sulit untuk dijangkau secara langsung oleh para terapis, seperti mereka yang tinggal di daerah terpencil dimana jarak dan medan yang sulit dilalui.

Bentuk aplikasi psikoterapis dengan bantuan internet:

1. Perangkat lunak ini disebut ELIZA,adalah sebuah program perangkat lunak yang ditulis oleh Joseph Weizenbaum di 1960 untk meniru komunikasi seorang terapis. Ini adalah contoh pertama dari komputer di mediasi interaksi menggunakan bentuk yang sangat sederhana dari psikoterapi.

2. E-Terapi,adalah sebuah modalitas psikoterapi baru yang menyediakan klien cara mengakses seorang profesional kesehatan mental secara online.e-terapi yang sering dilakukan melalui komunikasi e-mail dengan terapis,hal ini juga dapat termasuk chat dan koferensi video, meskipun ini kurang sering digunakan.Juga disebut sebagai terapi online.

Psikoterapi itu sendiri di Indonesia lebih hanya kepada test secara kasat mata, karena si psikolog yang memeriksa tidak bertemu secara langsung. Ada beberapa kelebihan maupun keterbatasan dalam melakukan psikoterapi secara online, seperti sebagai berikut :

- Kelebihan :
a. Menghemat waktu, karena klien tidak perlu repot-repot untuk datang ke tempat psikoterapis
b. Lebih hemat dan murah, biasanya psikoterapi yang di lakukan secara online memiliki cost harga yang lebih murah ketimbang datang langsung ke tempat terapis, bahkan ada psikoterapis yang tidak di pungut biaya alias gratis
c. Cocok untuk orang yang memiliki kepribadian tertutup alias pemalu, biasanya orang pemalu akan lebih terbuka dan berani jika terapis di lakukan jarak jauh ketimbang bertatap muka langsung

- Keterbatasan :
a. Sang terapis, dalam hal ini sang psikolog, tidak mengetahui bagaimana keadaan klien sesungguhnya itu seperti apa.
b. Terapis tidak bisa mengetahui bagaimana bahasa tubuh si klien, tatapan mata klien, dan cara bicara si klien, seperti kita tahu bahwa bahasa tubuh, tatapan mata, dan cara bicara merupakan entry point bagi seorang Psikolog untuk bisa mengetahui kepribadian, karakteristik, dan bahkan permasalahan yang sedang di alami sang klien

Itulah kelebihan dan keterbatasan apabila kita melakukan psikoterapi secara online, mana yang menurut kita lebih baik itu kembali lagi kepada diri masing-masing individu.

Sumber:
http://dindilekstami.blogspot.com/2014/12/test-psikologi-online-psikoterapi.html


No
NPM
Nama
Kinerja
1
10513776
Amar Ma’ruf Hadyan M
Mencari materi mengenai kelebihan psikoterapis dengan bantuan internet
2
11513863
Chairunnisa

Merangkum, menambahkan, mengedit, dan merapihkan tulisan.
3
11513903
M.Fajar Gunawan

Mencari materi mengenai psikoterapis  
4
17513576
Rianggo Fakhruzzaman

Mencari materi mengenai keterbatasan psikoterapis dengan bantuan internet
5
18513562
Siti Luthfiyatul Barry

Mencari materi mengenai psikoterapis dengan bantuan internet
6
19513919
Yosepine Damanik

Mencari materi mengenai bentuk aplikasi psikoterapis dengan bantuan internet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Gunadarma BAAK News