Hubungan Cinta Kasih Manusia Menurut Agama & Negara


Dalam hidup manusia tidak akan pernah bisa dipisahkan dari yang namanya Cinta dan kasih sayang. Dari manusia mulai dilahirkan ke dunia ini oleh Tuhan Yang Maha Esa sampai kita meninggalkan dunia ini untuk selama-lamanya. Baik kita yang memberikan cinta kasih tersebut atau bahkan kita yang menerima cinta kasih tersebut. 
Cinta adalah satu perkataan yang mengandungi makna perasaan yang rumit. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa.
Dalam bermasyarakat atau berhubungan dengan orang lain pun kita tidak akan bisa lepas dari yang namanya kasih sayang. Setiap hari kita bertemu orang dan saling sapa menyapa itu merupakan salah satu bentuk kasih sayang. Cinta dan kasih sayang terhadap orang lain bukan hanya yang seperti kita ketahui bahwa perasaan cinta dan kasih seperti orang pacaran atau orang menikah, itu merupakan salah satu terminologi dari cinta. 
menurut saya, tanpa adanya cinta dan kasih sayang maka tidak akan ada yang dinamakan masyarakat dan negara, bahkan tidak akan ada yang namanya kehidupan. Dalam bermasyarakat, tanpa cinta dan kasih sayang kita tidak akan bisa saling mengenal antara satu dengan yang lainnya, bagaimana mau mengenal belum apa-apa sudah benci. lebih jauh lagi, dengan adanya rasa cinta, kasih sayang dan saling memiliki maka timbulan apa yang dinamakan dengan toleransi dan tenggang rasa. Manusia sendiri dikodratkan untuk menjadi manusia sosial yang artinya manusia tidak dapat hidup tanpa adanya orang lain,  itu merupakan salah satu motivasi mengapa manusia mencintai dan menyayangi seseorang. bahkan dalam islam mencintai sesama manusia itu adalah merupakan kewajiban, itu telah diatur dalam bab hablumminannas  atau hubungan antara manusia dengan manusia. seperti dalam hadist Rasullulah SAW yang artinya:

“Tiap-tiap persendian manusia ada kewajiban sedekah, dan tiap hari dimana matahari terbit, kalau berlaku adil di antara kedua orang yang bersengketa itu berarti sedekah; dan membantu seseorang naik ke atas kendaraan atau mengangkatkan barang (bekalnya) itu sedekah dan kalimat  yang baik itu sedekah; tiap langkah (berjalan) untuk melaksanakan shalat adalah sedekah;  dan menghilangkan gangguan dari tengah jalan itu adalah sedekah” (HR.Muttafaqun ‘alaih, dari Abu Hurairah r.a)
dari hadist diatas sudah sangat jelas anjuran Rasullullah untuk saling mengasihi dan bahu membahu antar manusia. Selanjutnya, hubungannya dengan negara atau yang sering disebut dengan Patriotisme, kita sebagai warga negara yang baik sudah menjadi keharusan kita harus mencintai negara kita. Rasa cinta tersebut tidak harus dengan mengikuti perang bela negara, namun dalam keadaan negara yang damai pun kita bisa meluapkan rasa cinta dan kasih sayang kita terhadap negara dengan turut membayar pajak, menyantuni anak - anak terlantar dan kaum fakir miskin, mentaati semua peraturan perundang-undangan serta aktif dalam hal memberikan kritik dan saran kepada pemerintah untuk kelangsungan bersama negara. Tanpa adanya rasa cinta dan kasih rakyat kepada negara maka negara tersebut akan hancur, tidak adanya kepedulian masyarakat kepada sesama dalam hal menyantuni anak yatim dan terlantar akan memberikan dampak kesenjangan sosial dan akan berimbas pada merajalelanya kejahatan di negara tersebut karena alasa "sesuap nasi", tidak ada masyarakat yang membayar pajak, maka dari mana pendapatan negara untuk melakukan pembangunan ? , masyarakat yang tidak taat kepada peraturan perundang-undangan maka negara akan amburadul dan masyarakat yang acuh terhadap sistem pemerintahan yang bobrok , pemerintah yang korup maka akan menambah amburadulnya negara tersebut. Dengan demikian hancurlah negara tersebut. 


·         Contoh hubungan yang baik antar manusia
Contoh dalam suatu cerita:
Joyce Meyer, penulis dan pengkhotbah televisi, suatu saat bersama suaminya, Dave, mengunjungi restoran favorit mereka.

Setelah memesan menu, seorang pelayan membawa baki berisi pesanan mereka. Tanpa disengaja baki itu tumpah dan isinya menimpa Dave yang saat itu mengenakan jas kesukaannya.

Dave yang sial itu tersenyum sambil berkata, "Tidak apa-apa, semuanya baik-baik saja."

Joyce turut membantu membereskan makanan dan minuman yang berceceran di lantai dan di tubuh Dave sambil tetap bersikap ramah. Bukan hanya itu, mereka berdua menemui pemilik restoran, meminta agar ia tidak memecat pelayan yang baru saja bertindak ceroboh itu.
Melihat tanggapan Joyce dan suaminya, pelayan itu membungkuk untuk meminta maaf dan berkata, "Saya sungguh-sungguh minta maaf. Saya baru bekerja di sini. Saya gugup dan merasa seperti bermimpi ketika bertemu langsung dengan Ibu. Saya selalu mengikuti khotbah Ibu di televisi setiap hari."
·         Tanggapan dari kasus diatas
Kita harus bersikap baik kepada semua manusia walaupun status kita lebih tinggi dari mereka. Jika tidak ada hubungan yang baik antar manusia tidak akan adanya keselarasan hidup. Jika kita tidak menjalin hubungan baik antar manusia, orang – orang akan beranggapan bahwa kita sombong dan jika kita memerlukan pertolongan mereka suatu saat tidak akan ada yang mau membantu. Untuk itu kita harus bisa menjaga hubungan baik kepada setiap manusia karena suatu saat kita juga pasti membutuhkan mereka.
"Cinta adalah Anugrah yang luar biasa dari Tuhan YME, oleh karena itu kita yang diberikan anugrah tersebut wajib menjaganya. Karena tanpa cinta dan kasih sayang manusia tidak akan pernah bisa hidup, tidak akan ada yang namanya masyarakat,negara bahkan kehidupan. Sayangilah Tuhanmu,Dirimu dan Sesamamu "



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Gunadarma BAAK News